Penerapan Metode Weighted Product Untuk Penentuan Penerima Beasiswa Peserta Didik

Alam Supriyatna
Arief Dhiemas Suryanto

Abstract

Dalam menentukan penerima beasiswa peserta didik yang kurang mampu. Dimana setiap peserta didik yang ingin mengajukan beasiswa kurang mampu akan disurvey oleh Observer yang ditunjuk oleh pihak sekolah ke kediaman peserta didik, Dalam proses survey, Observer dibekali dengan instrumen penilaian yang harus diisi sesuai dengan kondisi nyata kediaman peserta didik. Hasil  penilaian tersebut siberikan kepada  pengelola beasiswa. Pokok masalah dalam pengembangan ini adalah proses  yang digunakan dalam menentukan penerima beasiswa yang kurang optimal dan Cara yang dilakukan dalam mengolah data beasiswa peserta didik kurang efektif dan efisien. Tujuan dalam pengembangan ini adalah : Mengoptimalkan peoses penentuan penerima beasiswa dengan menerapkan metode weighted product dalam perhitungan nilai hasil survey serta Mengefektifkan dan mengefisiensikan cara pengolahan data beasiswa peserta didik kurang mampu da;am bentuk aplikasi. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode WP (Weighted product). Pelaksanaan Dalam pengembangan aplikasi  digunakan metode Prototype. Hasil pengembangan menunjukan bahwa : 1) Proses  yang digunakan dalam menentukan penerima beasiswa kurang mampu  telah menghasilkan solusi  optimal dengan menerapkan metode weighted product. 2) Hasil unjuk kerja sistem pengelolaan beasiswa peserta didik masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Nilai persentase hasil pengujian pada sistem untuk setiap faktor, yaitu : functionality sebesar 88,8 %, efficiency sebesar 86 %, dan usability sebesar 83 %. Persentase total dari kualitas aplikasi adalah 86,2 % (Sangat Layak).

Full Text:

PDF

References

. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

. Artanti Rim Saulina Manik, Bowo Nurhadiyono, Yuniarsi Rahayu. 2015. Jurnal Implementasi Metode Weighted product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menyeleksi Penerima Beras Masyarakat Miskin (raskin). Universitas Dian Nuswantoro.

. Aziz Ahmadi. Jurnal Implementasi Weighted product (WP) Dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. STKIP PGRI.

. Cepi Rahmat Hidayat, Teuku Mufizar, Muhamad Dadan Ramdani . 2018 (Implementasi Metode Weighted Product (Wp) Pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Bpjs Kesehatan Tasikmalaya, Teknik Informatika, STMIK Tasikmalaya)

. Dwi Cahyanto Yoni, Hindayati Mustafidah. 2016. Jurnal Penerapan Metode WP (Weighted product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

. Dyna Marisa Khairina, Dio Ivando, Septya Maharani. 2016. Jurnal Implementasi Metode Weighted product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android. Universitas Mulawarman.

. Fahmy, Syahrul, Haslinda Nurul, et.al. “Evaluating the Quality of Software in e-Book Using the ISO 9126 Model.” International Journal of Control and Automation 5 (2012).

. Fernandi, E., Alfandri, F., Putri, G. A., & Mathias, R. (2013). Analisis dan Desain Berorientasi Objek (OOAD) dan Diagram Activity. Depok: Universitas Gunadarma.

. Fx. Eko Budi Kristanto. 2013. Kualitas Perangkat Lunak Model ISO 9126. http://fxekobudi.net/ilmu-komputer/kualitas-perangkat-lunak-model-iso-9126/

. Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko A., Wardoyo R., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta

. Modulmakalah. (2015). “Pengertian dan Contoh Analisis Isi Dalam Metode Penelitian”. Dipetik Juli 11, 2017, dari http://modulmakalah.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-dan- contoh-analisis- isi.html

Article metrics

Abstract views : 449 | views : 367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.