Komparasi Metode Logika Fuzzy Mamdani dan Metode Logika Fuzzy Sugeno Sebagai Pendukung Keputusan Seleksi Bertahap

Dedy Mulyadi

Abstract

Seleksi bertahap pada penerimaan mahasiswa baru program studi Diploma III Akuntansi STIE Binaniaga Bogor melalui jalur beasiswa selama ini menggunakan metode rata-rata. Harapan minimal yang diinginkan STIE Binaniaga adalah semakin tinggi nilai hasil seleksi bertahap maka akan semakin tinggi pula prestasi akademik dalam perjalanan studi mahasiswa. Penggunaan metode rata-rata belum menunjukan hasil sebagaimana harapan minimal yang diinginkan, ditunjukkan dengan pola visualisasi prestasi akademik yang masih terdapat beberapa fluktuasi menaik dan menurun. Tujuan dari penelitian adalah membandingkan metode logika fuzzy Mamdani dengan metode logika fuzzy Sugeno untuk dapat ditentukan metode logika fuzzy mana yang lebih baik diterapkan pada setiap tahapan seleksi. Alat analisa yang digunakan adalah perbandingan (komparasi) berdasarkan hubungan (korelasi) antara prestasi akademik dengan masing-masing penerapan kombinasi metode logika fuzzy pada seluruh tahapan seleksi. Korelasi antara indeks prestasi kumulatif dengan hasil akhir dari penerapan metode rata-rata adalah sebesar 0,559. Penerapan kombinasi metode logika fuzzy yang dapat menghasilkan korelasi dengan indeks prestasi kumulatif melebihi 0,559 merupakan alternatif penerapan metode yang lebih baik untuk menggantikan metode rata-rata yang selama ini digunakan. Hal tersebut tercapai pada kombinasi penerapan logika fuzzy: SMMM (0,570), SMSM (0,570), SSMM (0,571), SSSM (0,570), SMSS (0,579), dan SSSS (0,569). Mengingat nilai koefisien korelasi linier antara indeks prestasi kumulatif  dengan hasil seleksi bertahap dari penerapan kombinasi metode logika fuzzy tertinggi dan lebih besar dari 0,559 dicapai pada penerapan kombinasi metode logika fuzzy SMSS yaitu sebesar 0,579 maka kombinasi logika fuzzy SMSS (Sugeno, Mamdani, Sugeno, Sugeno) lebih baik untuk diterapkan pada setiap tahapan seleksi yang bersesuaian. Sehingga, kesimpulan penelitian yang didapatkan adalah: metode logika fuzzy Sugeno lebih baik untuk diterapkan sebagai pendukung keputusan pada seleksi tahap pertama, metode logika fuzzy Mamdani lebih baik untuk diterapkan sebagai pendukung keputusan pada seleksi tahap kedua, metode logika fuzzy  Sugeno lebih baik untuk diterapkan sebagai pendukung keputusan pada seleksi tahap ketiga, dan metode logika fuzzy Sugeno lebih baik untuk diterapkan sebagai pendukung keputusan pada seleksi tahap akhir.

Full Text:

PDF

References

Abidah, Siti, Analisis Komparasi Metode Tsukamoto dan Sugeno dalam Prediksi Jumlah Siswa Baru, Journal Speed, Volume 8 Nomor 2, 2016.

Aprizal, Muhammad, Dedi Rahman, Mardiani, Perbandingan Metode Logika Fuzzy Tsukamoto dan Logika Fuzzy Mamdani dalam Pemilihan Penerima Beasiswa pada STMIK Global Informatika MDP, STMIK GI MDP.

Djunaidi, Much., Eko Setiawan, Fajar Whedi Andista, Penentuan Jumlah Produksi dengan Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 4 No. 2, 2005.

Istraniady, Priko Andrian, Mardiani, Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Metode Fuzzy Mamdani pada Perbandingan Harga Sepeda Motor Bekas, STMIK GI MDP.

Kusumadewi, Sri, Hari Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Edisi II. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

STIE Binaniaga, Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru STIE Binaniaga, STIE Binaniaga. 2016.

STIE Binaniaga, Program Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui “Institute Social Responsibility Project ( ISRP )” Beasiswa Pendidikan 100%, STIE Binaniaga, 2016.

STIE Binaniaga, Rencana Strategi STIE Binaniaga 2015-2020, STIE Binaniaga. 2015.

STIE Binaniaga, Statuta STIE Binaniaga, STIE Binaniaga. 2010.

Subekti, Sri Ayu, Penggunaan Metode Fuzzy Mamdani dan Sugeno untuk Pengambilan Keputusan dalam Analisis Kredit, Studi Kasus: Pengambilan Keputusan Kredit PT. Kandimadu Arta Cabang Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 2014.

Triyanto, Agus, Febri Baruna Kesuma, Shinta Puspasari, Studi Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy Mamdani untuk Seleksi Pegawai Teladan pada PT. Gracia Pharmindo. STMIK GI MDP.

Walpole, Ronald E., Pengantar Statistika (Edisi Ke-3), PT. Gramedia, Jakarta, 1988.

Yudihartanti, Yulia, Abdul Syukur, Romi Satria Wahono, Analisis Komparasi Metode Mamdani dan Sugeno dalam Penjadwalan Mata Kuliah, Jurnal Teknologi Informasi, Volume 7 Nomor 2, 2011.

Article metrics

Abstract views : 630 | views : 418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.