PENGEMBANGAN SOFTWARE MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Arif Harbani

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan software multimedia interaktif pembelajaran IPA dan menganalisis keefektifan software multimedia interaktif yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciseeng Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dan ditindaklanjuti dengan penelitian pre-experimental. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari Sukmadinata, dkk. dan dimodifikasi dari model Borg dan Gall melalui tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji produk. Evaluasi produk software multimedia interaktif dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Data hasil belajar diperoleh berdasarkan pengukuran dengan tes tertulis. Hasil evaluasi oleh para ahli menunjukkan rerata skor untuk aspek materi, teknik, desain tampilan, dan program adalah 3,8 (kategori sangat baik). Nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 93% sesuai dengan kriteria yang ingin dicapai yaitu ≥ 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa software multimedia interaktif pembelajaran IPA sangat baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Candiasa,1 Made. (2012). Pembelajaran Berbasis Komputer. [Online] Tersedia: http://www.pasca undiskha.ae.id/e-learning/staff/images/img_info/6/25-493.pdf [24 April 2016].

England, E. and Finney, A. (2011). Interactive Media-What’s that? Who’s involved? ManagingInteractive Media. UK: ATSF.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., and Hyun, H. H. (2015). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Education.

Kamat, V. and Shinde, J. (2009). Enrichment of Learning Experienceof Rural Children Through Interactive. [Online] Tersedia: https://www.wikieducator.org/image/5/5a/PID_598.pdf [25April 2016].

Keller, J. (2015). Models And Theories: Keller's ARCS Model of Motivation. [Online] Tersedia: http://www.elearningindustry.comkres-model-of-motivation [29 April 2016].

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahni, M. and Sharma, A. (2012). Multimedia compared to Text for Online. Asian Journal of Distance Education. 10 (1), 35–44.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif dan R&D; Cetakan ke-2. Yogyakarta: Andi.

Vaishnav, R. and Parage. P. (2013. Innovative Instructional Strategies Interactive Multimedia Instruction And Computer Aided lnstruction For Teaching Biology. Voice of Research [Online], Vol 2 (2), 1-4. Tersedia: http://www.voiceofresearch.org/doc/Sep-2013_1.pdf [28 April 2016].

Widayat, W., Kasmui dan Sukaesih, S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Sistem Gerak pada Manusia. Unnes Science Education Journal. 3 (2), 535-541.

Yueh, H. P., Lin, W., Huang, J. Y. and Sheen, H. J. (2012). Effect of Student Engagement on Multimedia-Assisted Instruction. [Online] Tersedia: http://www.kmel-journal.org/ojs/index.php/onlinepublication/article/viewFile/160/144 [29 April 2016].

Article metrics

Abstract views : 264 | views : 255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.