Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Merekomendasikan Penentuan Supplier Bahan Baku Kertas

Lis Utari
Ria Agustriani

Abstract

Teknologi Informasi yang terus berkembang saat ini memberikan banyak kemudahan pada manusia termasuk dalam bisnis jasa/produksi. Bagian-bagian yang mendukung bisnis jasa/produksi terus dikembangkan, sehingga semakin memberikan keuntungan bagi penyelenggara.   Salah satu bagian yang terus diteliti adalah penentuan Supplier barang bagi perusahaan produksi, karena Supplier yang baik tidak hanya akan memaksimalkan hubungan kerjasama, tetapi juga memasok barang bahan baku yang berkualitas, serta memberikan kemudahan dalam proses pemasokan barang.  Penelitian pengembangan  untuk penyeleksian supplier terbaik ini  akan direkomendasikan kepada manager operasional dengan sistem berbasis web  dan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) menggunakan 5 kriteria yang telah  tentukan oleh PT.Topcom Multipap dan 2 kriteria lainnya yang diperoleh dari penyebaran kuesioner di PT.Topcom Multipap, sehingga di diperoleh 7 kriteria yaitu pembayaran, kualitas, pengiriman, harga, packing, flesibilitas dan layanan. Sistem tersebut digunakan oleh 2 user (pengguna) yaitu manager operasional dan purchasing dimana hasil output sistem tersebut berupa perangkingan supplier yang sebelumnya dinilai oleh bagian purchasing berdasarkan pemesanan bahan baku sebelumnya.  Sistem di uji dengan data 18 supplier sebagai data training dan testing di Topcom Multipap, dengan hasil nilai rangking tertinggi yaitu Rangking pertama diperoleh PT. Berkat Utama dengan nilai 32,22  sehingga PT. Berkat Utama adalah supplier bahan baku kertas yang terpilih sebagai supplier terbaik untuk PT.Topcom Multipap.  Hasil uji keseluruhan aspek penilaian kelayakan sistem yang di lakukan melalui angket yaitu 73% dimana persentase terendah pada aspek penilaian penggunaan yaitu 60% sedangkan tertinggi pada aspek penilaian kualitas sistem yaitu 86%.

Full Text:

PDF

References

A. G. Anto, H. Mustafidah, and A. Suyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ),” Juita, vol. III, no. November, pp. 193–200, 2015.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

A. Wahyu Oktaputra and E. Noersasongko, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting pada Perusahaan Leasing HD Finance,” J. SPK Kelayakan Pemberian Kredit Mot., pp. 1–9, 2014.

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta

Fishburn, P.C. (1967) “A Problem-based Selection of Multi-Attribute Decision

Making Methods.” New Jersey : Blackwell Publishing

I. Safitrianingsih, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Seleksi Calon Peserta Gita Bahana Nusantara.”

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi, Yogyakarta

Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

MacCrimmon,K.R.1968.” Decision Making among Multiple Atribut Alternatives: a Survey and Consolidated Approach”,

Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis ( Buku 1), Software Engineering : A Practitioner’s Approach 7th. Yogyakarta

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

P. S. Hasugian, H. D. Hutahaean, and H. T. Sihotang, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Wali Kelas Pada SMP Negeri 19 Medan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 32–39, 2017.

Richard L. Levin 2011, Pengambilan Keputusan secara kuantitatif, Edisi Ketujuh,Rajawali Pers.

R. V. Imbar, D. Edi, and K. Masli, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting ( Studi Kasus di Fakultas Teknologi Informasi U.K. Maranatha),” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 275–286, 2016.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif. Bandung

T. R. Adianto, Z. Arifin, D. M. Khairina, G. Mahakam, and G. Palm, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Tinggal Di Perumahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Kota Samarinda),” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 197–201, 2017.

Turban. dkk., 2005, Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Andi, Yogyakarta.

Article metrics

Abstract views : 1079 | views : 775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.