PENERAPAN METODE WEBQUAL 4.0 UNTUK PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE BPRS AL SALAAM AMAL SALMAN

Adiat Pariddudin
Puri Prasastiwi

Abstract

Website BPRS Al-Salaam Amal Salman (Bank Pembangunan Rakyat Syariah Al-Salaam Amal Salman) merupakan website berupa berbagai informasi BPRS. Informasi yang disampaikan harus sesuai dengan keinginan masyarakat. Pengukuran kualitas informasi pada website BPRS Al-Salaam Amal Salman bertujuan untuk mengukur kualitas informasi yang dimiliki. Dengan menggunakan metode webqual yaitu untuk mengetahui nilai variabel dari dimensi-dimensi terhadap website BPRS Al-Salaam Amal Salman. Nilai yang didapatkan dari setiap dimensi adalah nilai dimensi penggunaan (usability) memperoleh nilai 126 dan masuk ke dalam kategori diterima, nilai dimensi informasi (information quality) memperoleh adalah 123 masuk ke dalam kategori diterima, nilai dimensi interaksi (interaction quality) memperoleh adalah 117  masuk ke dalam kategori diterima, dan  nilai dimensi keseluruhan kualitas website (overall impression) memperoleh adalah  123 masuk ke dalam kategori diterima. Dimensi penggunaan (usability) memberikan kontribusi nilai sebesar 0,317 dengan tingkat hubungan rendah, dimensi kualitas informasi (information quality) memberikan kontribusi nilai sebesar 0,460 dengan tingkat hubungan sedang, dan dimensi kualitas interaksi (interaction quality) memberikan kontribusi nilai sebesar 0,561 dengan tingkat hubungan sedang.

Full Text:

PDF

References

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York.

Irawan, Candra. 2012. “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir)”. Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Sriwijaya. Palembang.

Maslan, Andi. “Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0”. Teknik Informatika. Universitas Putera Batam.

Nasution, Miftah dan Mudjahidin. 2013. “Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I Dengan Menggunakan Webqual”. Sistem Informasi Fakultas Teknik Informatika. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. ANDI. Yogyakarta.

Sanjaya, Iman. 2012. “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0”. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Badan Litbang SDM, Kemkominfo RI. Jakarta.

Siregar, Syofian, 2013. “Statistika parametrik untuk penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2001. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, Bayu Luhur. Susanto, Adhi dan Winarno, Wing Wahyu. 2012. “Evaluasi Kualitas Layanan Website PUSDIKLAT BPK RI Menggunakan Metode Webqual Modification dan Importance Performance Analysis”. BPK RI Perwakilan Jawa Timur, Fakultas Teknik Elektro dan Informatika UGM Yogyakarta, STIE YKPN Yogyakarta.

Article metrics

Abstract views : 399 | views : 316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.