Abstract
Pelayanan pemesanan tiket saat ini memiliki dua cara, konsumen dapat membeli tiket melalui pemesanan tiket secara konvensional yaitu pembeli datang langsung ke loket – loket pejualan tiket, yang kedua konsumen dapat memesan tiket secara online melalui fasilitas internet. Saat ini sebagian besar masyarakat masih memilih dengan memesan tiket secara konvensional, hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat yang ingin memesan tiket mempunyai fasilitas internet dirumahnya atau tidak adanya waktu untuk meluangkan waktu untuk pergi ke warung internet (warnet) untuk memesan tiket secara online, belum lagi ada kemungkinan masih adanya masyarakat yang belum memahami internet itu sendiri. Akan tetapi pemesanan tiket secara online ini dapat diatasi dengan adanya pemesanan tiket menggunakan fasilitas jaringan telepon seluler, seperti dikutip dari Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI) tercatat pengguna telepon seluler hingga juni 2010 diperkirakan mencapai 180 juta pelanggan atau 80 % dari total penduduk Indonesia. Dengan adanya data tersebut memungkinkan terjadinya terobosan baru dalam pemesanan tiket dengan menggunakan fasilitas jaringan telepon seluler melalui sms (short message service) / pesan singkat. permasalahan yang sering muncul dalam proses reservasi tiket yang sedang berjalan saat ini yaitu menitik beratkan pada tingkat kenyamanan, keamanan penumpang dalam memesan tiket serta mencari nilai lebih yang mungkin diperoleh penumpang. Dengan perkembangan teknolgi informasi dengan didukung semakin banyaknya pengguna telepon seluler maka dapat diberikan jawaban dari permasalahan tersebut yakni dengan menciptakan terobosan baru yaitu proses pemesanan tiket dengan menggunakan teknologi sms (short message service), dengan tekniki sms gateway diharapkan proses pemberian informasi perjalanan, harga tiket serta proses pemesanan tiket dapat dilakukan dengan otomatis dan tanpa batas.References
Guritno, Suryo, dkk. 2011. Theory and Application of IT Research, Penerbit Andi. Yogyakarta.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika, Jakarta.
http://m.tribunjabar.co.id/read/artikel/38084/Tiket-Ganda-di-KA-Cireks-Beredar
http://pariwisata-teknologi.blogspot.com/2010/06/pengertian-reservasi.html
http://willis.comze.com/pengertian_si.html
http://www.antaranews.com/berita/1279093421/pengguna-ponsel-indonesia-akan-capai-80-persen
http://www.docstoc.com/?doc_id=63443067&download=1
Jogiyanto, HM. Akt., Mba., Ph.d. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.
Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Publisher, Yogyakarta
Kienan, Brenda. 2000. Small Bussiness Solution e-commerce. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Maulana, Rizki. 2009. Mobile Ticketing Menggunakan Barcode Datamatrix Sebagai Aplikasi Pendukung Mobile Commerce. IT Telkom. Bandung.
McLeod Raymond, Jr. dkk, 2004, Sistem Informasi Manajemen, edisi 8, .PT. Indeks, Jakarta.
Nugroho, Adi. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorentasi Objek, Penerbit Informatika. Bandung.
Purnomo, Adi. 2007. Pemrograman Java 2 Membangun Beragam Aplikasi Layanan SMS. Salemba Infotek. Jakarta.
Rangga, Rafidianto. 2007. Mobile Ticketing Untuk Reservasi Kereta Api. IT. Telkom. Bandung.
Simarmata, Janner. 2006. Aplikasi Mobile Commerce, Andi Publisher,Yogyakarta.
Sudijono, Anas. 2008, Pengantar Statistik Pendidikan. Pt. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Whitten L Jeffery dkk, 2004. Metode Desain dan Analisis Sistem, edisi 6, Andi Publisher Yogyakarta.