Abstract
Tujuan pengembangan E-Government dalam Instruksi Presiden Republik Indonesi Nomor 3 Tahun 2003 adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. E-Government pada tingkat awal masih bersifat menginformasikan tentang apa dan siapa yang berada di dalam institusi tersebut. Informasi yang ditampilkan pada website DISHUB Kota Bogor terlihat sudah lengkap dan terkini, dengan banyaknya postingan berdasarkan urutan penerbitan terakhir. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan dan mengetahui nilai peningkatan Dimensi Kualitas Layanan Interaksi (Service Interaction Quality) sebelum dan setelah pengembangan website DISHUB Kota Bogor, menggunakan metode teknik Paired Sample T Test dan Dimensi Service Interaction Quality dari Metode WebQual 4.Prototype website DISHUB Kota Bogor yang dibangun berdasarkan hasil penelitian awal, dibuat dengan model Prototyping. Hasil penelitian awal diperoleh nilai rata-rata Dimensi Kualitas Layanan Interaksi (Service Interaction Quality) adalah 302,14 dari keseluruhan nilai dimensi Webqual 4.0 yaitu 315,36. Hasil pengujian dengan metode teknik Paired Sample T Test adalah adanya perbedaan nilai hasil pengamatan sebelum dan setelah pengembangan website DISHUB Kota Bogor pada Dimensi Kualitas Layanan Interaksi (Service Interaction Quality), dengan nilai t hitung sebesar 5,718 lebih besar dari t tabel. Kesimpulan akhir menunjukkan bahwa dengan adanya pengembangan pada website DISHUB Kota Bogor dapat meningkatkan nilai Dimensi Kualitas Layanan Interaksi (Service Interaction Quality)References
Ahmadjayadi, Cahyana (2004). Sistem Informasi Kepemerintahan Abad 21.
Arikunto, Suharsimi 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. PT. Rineka Cipta, Jakarta. Atmadjati, A. (2012). Era Maskapai Saat Ini; Website Base. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian, edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Amirah Al Baiti1, Suprapto2, Aditya Rachmadi3, Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X Vol. 1, No. 9, Juni 2017, hlm. 885-892 http://j-ptiik.ub.ac.id
Barnes, S and R. Vidgen. 2002.Measuring Website Quality Improvement: A Case study of the Forum on Strategic management knowledge exchange. New York: Industrial management & Data System.
Fajar Setiar putra, Zahreza. Saleh, Mohammad dan Widyastuti, Naniek.2014. Analisis Kualitas Layanan website BTKP-DIY Menggunakan Metode webqual 4.0 Teknik informatika, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Yogyakarta.
Hadiati, Sri. 2003. Análisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Widyana Malang. Kompak. No. 8: 298-311
Haryani, Prita. 2016. Penilaian Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Yogyakarta menggunakan Metode E-GOVQUAL. Jurnal Ilmiah DASI Vol.17 No. 3 September 2016, hlm 44-50 ISSN: 1411-3201
Hasibuan, Zainal A dan Santoso, Harry B (2005). Standarisasi Aplikasi E-Government Untuk Instansi Pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB, 3-4 Mei 2005
INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2003 TentangKebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-GOVERNMENT
Irawan Candra. 2012. “Evaluasi Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (studi kasus pada kabupaten Ogan ilir)â€. System Informasi Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Sriwijaya. Palembang
Nasution Miftah Dan Mujahidin 2013. “Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I Dengan Menggunakan Webqual†Sistem Informasi ITS. Surabaya
Pressman, Roger S.2010. Software Engineering: A Practitioners’ Aproach Sition. Seventh Edition. ANDI. Yogyakarta
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi, Sri Eko dkk 2017 “Penilaian Kualitas Website E-Government Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dengan Dimensi e-GovQual (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo)†Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X. Vol. 1, No. 2, Februari 2017, hlm. 108-117 http://j-ptiik.ub.ac.id