Abstract
PT. Bank Mega Tbk sejak tahun 2000 sudah memiliki Contact Center, yang di dukung dengan teknologi yang canggih. Salah satu teknologi yang ada pada Contact Center PT Bank Mega Tbk adalah aplikasi berbasis web yang disebut Media of Knowledge, yang merupakan salah satu sumber informasi yang menunjang pekerjaan staff Contact Center di PT. Bank Mega Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebergunaan dari aplikasi berbasis web tersebut. Evaluasi terhadap aplikasi Media of Knowledge menggunakan metode Usability Testing yang terdiri dari variabel Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction. Dengan menggunakan metode Usability peneliti dapat mengetahui tingkat kebergunaan dari aplikasi Media of Knowledge di PT Bank Mega Tbk. Hasil dari pengukuran berdasarkan jumlah respon karyawan, yang menunjukan variabel memorability memiliki respon yang paling baik yaitu dengan nilai 3,97 yang masuk dalam kategori baik. Kemudian di peringkat kedua variabel satisfaction dengan nilai 3,87 yang masuk dalam kategori baik. Selanjutnya di peringkat ketiga variabel learnability dengan nilai 3,82 yang masuk dalam kategori baik. Pada peringkat keempat variabel error dengan nilai 3,27 yang masuk dalam kategori cukup baik. Variabel efficiency peringkat kelima atau yang terakhir dengan nilai 2,77 yang masuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan nilai dari evaluasi penelitian ini dapat di ketahui variabel efficiency menjadi hal yang perlu di tingkatkan kembali dalam aplikasi Media of Knowledge. Secara keseluruhan aplikasi Media of Knowledge ini memiliki tingkat kebergunaan yang baik.
References
Abdurrahman Sidik, Hafiz Aziz Ahmad, Andar Bagus Sriwarno (2017), Studi Faktor Usability Pada Desain Layout Website Berita Mobile Indonesia, (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2017)
Arikunto, Suharsimi. (1998). Manajemen Penelitian (Rineka Cipta), Jakarta.
Byun & Finnie, 2011. pengukuran tingkat kepuasan pengguna diambil berdasarkan penelitian Spool et al.
Eko Saputra, Zainal Mazalisa, Ria Andryani (2014) Usability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website Inspektorat Kota Palembang, (Universitas Bina Darma Palembang, 2014)
J. Nielsen. 2012. Usability 101:Introduction to Usability [online]. Ada di: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ [diakses tanggal 20 Agustus 2017].
Kabadayi, S. & Gupta, R., (2011). Managing motives and design to influence web site revisits. Journal of Research in Interactive Marketing, V (2/3), pp. 153-169.
N, S.P. & Dastidar, S. G., (2009). Impact of the Factors Influencing Website Usability on User Satisfaction. The IUP Jurnal of Management Research, VIII (12), pp. 55-66.
Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja (2016), Analisis Pengukuran Faktor Usability Sistem Informasi Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika Stikom Bali, (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016)
Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.
Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rasa Grafindo Persada.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Suskamiyadi, Yani Nurhadryani, Heru Sukoco (2014), Pengembangan dan Uji Usability SistemInformasi Manajemen Pemantauan Kehadiran dan Nilai Ujian Siswa (Jurnal & Ilmu Komputer Agri-Informatika, 2014)
Sutrisno Hadi. (1998). Analisis Regresi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wahyu Hidayat, A. Yani Ranius, Usman Ependi (2014) Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs Web Pemerintahan Kota Prabumulih, (Jurnal Teknik Informatika, 2014)