Analisis Penerimaan User Terhadap Penerapan Sistem Reservasi Tiketing Bus Antar Kota Antar Provinsi dengan Menggunakan SMS

Abstract

Pelayanan pemesanan tiket saat ini memiliki dua cara, konsumen dapat membeli tiket melalui pemesanan tiket secara konvensional yaitu pembeli datang langsung ke loket – loket pejualan tiket, yang kedua konsumen dapat memesan tiket secara online melalui fasilitas internet. Saat ini sebagian besar masyarakat masih memilih dengan  memesan  tiket  secara  konvensional,  hal  ini  dikarenakan  tidak  semua masyarakat  yang  ingin  memesan  tiket  mempunyai  fasilitas  internet  dirumahnya atau tidak adanya waktu untuk meluangkan waktu untuk pergi ke warung internet (warnet) untuk memesan tiket secara online, belum lagi ada kemungkinan masih adanya  masyarakat  yang  belum  memahami  internet  itu  sendiri.  Akan  tetapi pemesanan tiket secara online ini dapat diatasi dengan adanya pemesanan tiket menggunakan  fasilitas  jaringan  telepon  seluler,  seperti  dikutip  dari  Asosiasi Telepon  Seluler  Indonesia  (ATSI)  tercatat  pengguna  telepon  seluler  hingga  juni 2010  diperkirakan mencapai  180  juta  pelanggan  atau  80  % dari total penduduk Indonesia.  Dengan  adanya  data  tersebut  memungkinkan  terjadinya  terobosan baru  dalam  pemesanan  tiket  dengan  menggunakan  fasilitas  jaringan  telepon seluler melalui sms (short message service) / pesan singkat. permasalahan yang sering  muncul  dalam  proses  reservasi  tiket  yang  sedang  berjalan  saat  ini  yaitu menitik  beratkan  pada  tingkat  kenyamanan,  keamanan  penumpang  dalam memesan  tiket  serta  mencari  nilai  lebih  yang  mungkin  diperoleh  penumpang. Dengan perkembangan teknolgi informasi dengan didukung  semakin banyaknya pengguna  telepon  seluler  maka  dapat  diberikan  jawaban  dari  permasalahan tersebut yakni dengan menciptakan terobosan baru yaitu proses pemesanan tiket dengan menggunakan teknologi sms (short message service), dengan tekniki sms gateway  diharapkan  proses  pemberian  informasi  perjalanan,  harga  tiket  serta proses pemesanan tiket dapat dilakukan dengan otomatis dan tanpa batas.

Full Text:

PDF

References

Guritno, Suryo, dkk. 2011. Theory and Application of IT Research, Penerbit Andi. Yogyakarta.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika, Jakarta.

http://kntia.unsri.ac.id/documents/ANALISIS%20KUALITAS%20LAYANAN%20SISTEM%20INFORMASI%20MENGGUNAKAN%20METODE%20SERVQUAL.pdf

http://m.tribunjabar.co.id/read/artikel/38084/Tiket-Ganda-di-KA-Cireks-Beredar

http://pariwisata-teknologi.blogspot.com/2010/06/pengertian-reservasi.html

http://willis.comze.com/pengertian_si.html

http://www.antaranews.com/berita/1279093421/pengguna-ponsel-indonesia-akan-capai-80-persen

http://www.docstoc.com/?doc_id=63443067&download=1

Jogiyanto, HM. Akt., Mba., Ph.d. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Publisher, Yogyakarta

Kienan, Brenda. 2000. Small Bussiness Solution e-commerce. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Maulana, Rizki. 2009. Mobile Ticketing Menggunakan Barcode Datamatrix Sebagai Aplikasi Pendukung Mobile Commerce. IT Telkom. Bandung.

McLeod Raymond, Jr. dkk, 2004, Sistem Informasi Manajemen, edisi 8, .PT. Indeks, Jakarta.

Nugroho, Adi. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorentasi Objek, Penerbit Informatika. Bandung.

Purnomo, Adi. 2007. Pemrograman Java 2 Membangun Beragam Aplikasi Layanan SMS. Salemba Infotek. Jakarta.

Rangga, Rafidianto. 2007. Mobile Ticketing Untuk Reservasi Kereta Api. IT. Telkom. Bandung.

Simarmata, Janner. 2006. Aplikasi Mobile Commerce, Andi Publisher,Yogyakarta.

Sudijono, Anas. 2008, Pengantar Statistik Pendidikan. Pt. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Whitten L Jeffery dkk, 2004. Metode Desain dan Analisis Sistem, edisi 6, Andi Publisher Yogyakarta.

Article metrics

Abstract views : 240 | views : 259

Refbacks